Pondasi

Mohon maaf sebelumnya kalau tulisan ini tidak memenuhi kaidah ilmu teknik sipil/arsitektur. Tulisan ini disusun dari pengalaman katro.

Tahap pertama dalam pembuatan rumah sebenarnya adalah arsitektur ( desain rumah ). Berapa ukuran ruang tamu, dimana wc-nya dsb. Atau menurut saya adalah layout floor. Terus ada perencanaan dinding dan atap-nya, dan seterusnya. Tapi dinding dan atap bisa dirancang menyusul :) . Yang penting pada awal-nya adalah layout floor. Contoh layout floor awal dari rumah saya (type 36) :

type-36.jpg

Kemudian buatlah layout pondasi, layout pondasi juga dibuat semau saya :) . Tidak memenuhi standard ilmu sipil/arsitektur, mungkin sulit dimengerti tukang pada awalnya. Berikut adalah layout pondasi (type 33).

pondasi.jpg

Awalnya type 36 yang dirancang, tapi ketika pembuatan pondasi, tukang menganjurkan agar berukuran ganjil. Alasannya biar ada lebihnya. Reasonable juga. Contohnya kayu, kayu berukuran >= 3 m berharga 50-100% daripada kayu berukuran < src="http://s.wordpress.com/wp-includes/images/smilies/icon_biggrin.gif" alt=":D" class="wp-smiley"> . Dan ruang tamu minimal 3m x 3m biar bisa menaruh sofa. Jangan sampai kurang dari 3m x 3m, karena sulit untuk mebel.

Selanjutnya membuat pondasi. Untuk memulai pondasi diperlukan material sbb:

1. Cangkul (kalau tukangnya tidak punya cangkul) sebanyak pekerja.
2. Papan alba 2 – 2,5 m yang tipis (1 cm) senbanyak setengah kubik.
3. Benang 4-5 gulung
4. Kayu kaso alba ukuran 6cm x 6cm satu ikat (9 batang).

Setelah galian pondasi dimulai, pada hari ke 2 atau ke 3. Pesanlah material sbb:
1. Satu truk pasir pasang (cimalaka)
2. Satu truk batu pondasi
3. 4-5 zak semen

Jika batu pondasi dan semen diperkirakan kurang, baru pesan lagi batu/semen-nya. Walau pasir yang dibutuhkan hingga finishing adalah 3 truk, jangan langsung pesan 3 truk. Selalu sediakan secara bertahap. Semen misalnya, hingga finishing menghabiskan 100 zak, tapi saya membeli/memesan per 5 zak. Dengan demikian material terkendali.

Jangan lupa buatlah lubang/ruang di pondasi untuk tempat menanam besi kolom. Ceker ayam bisa dipasang pada saat pembuatan pondasi. Ceker ayam (ceker bebek sih sebenarnya) bisa dibeli di toko besi.

Buatlah septic tank dalam rumah, agar tanah diluar rumah terpakai optimal. Kemudian urug dan ratakan lantai. Evaluasi kinerja tukang anda, apakah kerja-nya cepat(tepat waktu) atau lambat (berlambat-lambat, buang waktu, kerja tidak efisien, laden banyak nganggur). Jika kerja tukang dan laden lambat sebaiknya pembangunan rumah dihentikan. Tunggu 2-4 minggu atau lebih untuk melanjutkan pembangunan dengan tukang yang baru.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Pondasi"

Posting Komentar